Penutupan Pelatihan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahap 3 Tahun 2023 di Kabupaten Pasuruan: Upaya Sinergi dalam Mengatasi Pengangguran - Kabupaten Pasuruan

Penutupan Pelatihan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahap 3 Tahun 2023 di Kabupaten Pasuruan: Upaya Sinergi dalam Mengatasi Pengangguran

5257x dibaca    2023-08-29 12:38:23    Administrator

Penutupan Pelatihan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahap 3 Tahun 2023 di Kabupaten Pasuruan: Upaya Sinergi dalam Mengatasi Pengangguran

Kabupaten Pasuruan, 28 Agustus 2023 - Sebuah tonggak penting dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Pasuruan tercapai melalui kegiatan penutupan Pelatihan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Tahap 3 Tahun 2023. Acara yang diselenggarakan di UPT LKD Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan, Rejoso, telah berhasil menggambarkan kolaborasi yang berhasil antara instansi pemerintah, lulusan pelatihan, dan sejumlah perusahaan yang turut serta dalam dukungan terhadap program ini.

Dibuka dengan semangat dan motivasi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan, acara tersebut juga dilanjutkan dengan arahan berharga dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan. "Hasil Pelatihan dapat mengurangi tingkat Pengangguran di Kabupaten Pasuruan," ujar Sekretaris Daerah, yang menyampaikan harapan bahwa upaya pelatihan ini akan menjadi salah satu solusi yang signifikan dalam mengatasi permasalahan pengangguran.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah perusahaan ternama, yang dengan tulus mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari upaya sinergis dalam menangani pengangguran dan menghadirkan lapangan kerja. Beberapa perusahaan yang turut hadir adalah:

  • PT Yamaha
  • PT Gatnet
  • PT Mayora
  • PT Sinar Makmur

Kehadiran perusahaan-perusahaan ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tetapi juga sebagai bagian dari strategi branding dan pengenalan program pelatihan serta pencapaian lulusan. Pelatihan tersebut fokus pada kompetensi di berbagai bidang, antara lain:

  1. Menjahit
  2. Tata Rias
  3. Pembuatan Roti/Kue (Pastry)
  4. Membatik
  5. Welder / Pengelasan
  6. Pelatihan Otomotif Roda 2

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Mohammad Nur Kholis, S.STP, M.M, menyampaikan harapannya terkait sinergi yang lebih kuat antara pihak-pihak terkait, terutama dengan perusahaan-perusahaan sebagai mitra strategis. "Kami berharap dengan mengundang perusahaan-perusahaan sebagai mitra strategis Dinas Ketenagakerjaan, terutama dalam upaya mengurangi Tingkat Pengangguran terbuka serta menyerap hasil lulusan dari UPT LKD yang telah terbukti memiliki kompetensi melalui Sertifikat Kompetensi," kata beliau. Diharapkan bahwa kolaborasi yang baik ini dapat membantu mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Pasuruan dengan efektif.

Melalui upaya-upaya seperti ini, Kabupaten Pasuruan menunjukkan komitmen kuatnya dalam menghadapi tantangan pengangguran. Dengan mengintegrasikan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri, serta dengan melibatkan perusahaan sebagai mitra aktif, harapan untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia menjadi semakin nyata. Sinergi antara berbagai pihak menjadi kunci sukses dalam menghadapi tantangan ini dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan. (SRY)

Whats-App-Image-2023-08-29-at-12-15-06
Whats-App-Image-2023-08-29-at-12-15-05-1
Whats-App-Image-2023-08-29-at-12-15-05
Whats-App-Image-2023-08-29-at-12-15-04

Komentar (0)

  1. Belum ada komentar

Tulis Disini